Thursday, February 9, 2017

Pengertian fungsi tipe dan jenis vga pada komputer

VGA 


Pengertiannya : VGA (Video Graphic  Accelerator) adalah suatu standar yang ada pada tampilan komputer analog sebagai penerjemah keluaran komputer ke dalam suatu monitor.

Fungsi 

Fungsinya : untuk menerjemahkan inputan dari user dan menampilkan inputan yang sudah diterjemahkan oleh VGA kepada output yang kemudian akan dibaca lagi oleh user atau secara lain fungsi dari VGA Onboard dan VGA Card yaitu Untuk menampilkan hasil proses dari inputan yang berupa grafis dan dikeluarkan dalam bentuk output yang kemudian ditampilkan ke monitor.


 Tipe VGA

  • VGA Card adalah vga dalam bentuk bentuk terpisah dari motherboard, VGA Card dipasang pada slot ekspansi yang ada pada motherboard. VGA Card bisa menjadikan resolusi yang maksimal. Contoh sebuah komputer untuk bermain game memiliki kualitas VGA yang lebih besar dibandingkan untuk komputer yang hanya untuk mengetik atau mengerjakan pekerjaan kantor.
  • VGA Onboard adalah VGA yang sudah terintegrasi (terpasang) dengan motherboard, VGA Onboard fungsinya sudah disesuaikan dengan kinerja dari motherboardnya atau dengan ukuran standard. 

Perbedaan VGA Card & VGA Onboard
  • Pada VGA Card memiliki memori yang terpisah dari RAM dan memiliki memori tersendiri sehingga kemampuan grafisnya lebih baik dari pada VGA Onboard yang menggunakan memori dari RAM sehingga kemungkinan besar akan menghasilkan grafis yang kurang bagus jika RAM yang dimiliki memiliki kapasitas kecil.
  • Kemampuan tampilan VGA Card lebih bagus daripada VGA Onboard dikarenakan VGA Card memiliki memori sendiri dan sudah dirancang dengan kemampuan yang handal daripada VGA Onboard yang memiliki kemampuan standart sesuai kemampuan dari motherboard.
  • Dari segi biaya VGA Onboard lebih terjangkau dikarenakan sudah terintegrasi dengan motherboard dibandingan dengan VGA Card yang harus dibeli tersendiri dengan biaya yang mahal sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dari VGA Card tersendiri.

 Jenis jenis VGA Card

  • Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada lot ekspansi ISA(Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit  atau 16 bit.
  • Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.
  • Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O.
  • Kartu VGA  AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O.
  • Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.
  • VGA card ISA adalah suatu jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator), yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  • VGA card EISA adalah jenis dari kartu Video Graphics Accelerator, yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.VGA card PCI adalah jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator) yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit ataupun 64-bit sistem I/O.
  • VGA card AGP adalah jenis VGA card yang dapat dipasangkan pada slot ekspansiAGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit dan 256-bit sistem I/O.
  • VGA card PCI Express (PCIe) adalah jenis VGA card yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya dengan kecepatan transfernya mencapai hingga 32 GByte/s.

 

0 comments:

Post a Comment