Thursday, February 2, 2017

Pengenalan Tentang Hardware Komputer


Pengertian Hardware

Dalam bahasa indonesia nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.


Fungsi Hardware


Menerima input, mengolah data dan memberikan output dan penyimpanan.


Jenis jenis Hardware


1. Processor


Prosesor adalah otak atau pusat pengendali komputer yang fungsinya untuk memproses semua kegiatan atau perintah atau eksekusi yang dilakukan komputer.




Motherboard atau sering disebut juga papan induk yaitu tempat komponen-komponen elektronika yang saling berhubungan satu sama lain atau saling berinteraksi. 

Image result for motherboard

Image result for motherboard

Ram adalah unit penyimpan data yang tidak permanen, dengan kata lain data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Besar kecilnya komputer ditentukan oleh besar kecilnya RAM yang dimilikinya. Di samping itu RAM juga digunakan untuk memproses data. Dengan demikian kapasitas RAM harus cukup besar untuk menampung semua itu.  



Harddisk adalah tempat penyimpanan data yang permanen, jadi anda tidak usah khawatir jika listrik sudah dimatikan. Di dalam Harddisk terdapat piringan megnetik untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis untuk memutar piringan tersebut, serta head untuk membaca data.
Image result for harddisk 


VGA Card adalah singkatan dari Video Graphics Acceleretor yang fungsinya untuk mengolah data graphics untuk ditampilkan di layar monitor. VGA Card ditentukan dari ukuran RAM  nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus pula gambar yang dihasilkan.

6. CD/DVD ROM Optical Drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD / CD. DVD/ CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data.




Sound Card adalah bagian untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara.

Image result for sound card 

 8. Monitor

Monitor adalah media untuk menampilkan gambar hasil output dari VGA Cards. Jenis monitor antara lain: CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Cristal Display), dan Plasma Gas.


9. Power Supply

Berfungsi untuk menyalurkan listrik ke peralatan komputer yang ada didalam PC.


10. Keyboard

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna komputer dalam memasukkan data ke komputer.

Image result for keyboard Image result for keyboard

11. Mouse

Mouse adalah sebuah alat penerima input yang berasal dari getaran suatu benda, alat tersebut digerakkan maka akan memberikan sinyaltertentu pada komputer sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi yang diinginkan pemakai. 



 12. Printer

Printer adalah alat untuk mencetak data yang diolah oleh komputer. 







  


 

0 comments:

Post a Comment